5 ADVERTISING PEOPLE YOU SHOULD MEET BEFORE YOU DIE: DIMAZ MUKTIARTO

Kalau Anda ingin bertemu seseorang yang berhasil membuktikan istilah “untuk berhasil harus dilakukan dengan tangan sendiri” Dimaz Muktiarto adalah orangnya. Saya bertemu Art Director yang kini bekerja di LOWE ini saat saya magang di Publicis Indonesia pada penghujung tahun 2009. Setelah saya selesai magang dan bekerja di Mccann, barulah saya berkesempatan bekerjasama dengan Dimaz pada sebuah lomba.
Soal kemampuan art directing Dimaz tentunya tidak perlu dipertanyakan lagi. Namun jika Anda bekerja bersama dia maka hal paling pertama yang Anda sadari adalah pola berpikirnya yang teratur  dan semangatnya sebagai pekerja kreatif, yang perlahan-lahan akan menyalakan kreatifitas Anda, persis seperti bara api yang siap membangkitkan panasnya sebuah ide.
Image
Berikut adalah sepintas obrolan saya dengan Dimaz muktiarto.
Sore Dimz, boleh ngobrol-ngobrol sebentar ga soal advertising dari sudut pandang lo?
Bolehh stra, eh gw jawabnya serius tapi santai aja ya, biar gak sotoy… hahaha
1. Dimz, boleh cerita sedikit gak tentang kenapa milih bekerja di advertising?
Mau nge-move orang secara subliminal (kaya iluminati) hehehehe, gak tau sih stra gw seneng aja kalo ada orang jadi berubah karna gw kasih alesan yang bisa buat dia berubah, kaya lo bisa nyuruh orang banyak untuk ngelakuin sesuatu seru aja sih.

2. Apa sih kesulitan yang paling sering dialami seorang Art director?
Sulit nge-crack communication campaign -> Sulit nyari route ide -> Sulit nyari gambar buat ngejadiin idenya -> sulit nge-layout nyari style design yg baru -> sulit presentasi ke klien yang pinter banget dan bodoh banget -> dan yang terakhir sulit pulang (dijawab pada pukul 11pm WIB) tapi yang penting sih seneng aje sama bidangnya.

3. Tiap art director kan punya cara kerja yang beda-beda, Nah Ada saran gak gimana cara jadi Art   director yang baik, menurut seorang Dimaz muktiarto?
Biasanya awal jadi art director pengennya bikin visual yg keren abiis, tp dari pengalaman gw kerja di advertising kalo menurut gw, artdir = problem solver. Jadi emang tujuannya nyelesaiin masalah brand dengan cara ngasih solusi visual yang sesuai dengan problemnya, gw biasanya kalo udah dapet line komunikasi yg bagus dan bener, InsyaAllah bisa meringankan pekerjaan melayout.

4. Apa yang lo lakukan saat sedang mentok nyari ide?
Kalo udah mentok banget2an: gw seringnya liat2 9gag (website) dulu sih, ketawa2 aje dulu, abis itu tidur dulu sebentar, abis itu panik karena udah deadline, nah baru deh dapet ide… (ini gw sering banget lakuin waktu di Publicis dan kompetisi2 young2an (semoga omongan gw gak dibaca ECD2)

5. Siapa orang yang paling menginspirasi lo di dunia iklan? Boleh ceritain kenapa dia menginspirasi lo dan kenapa menginspirasi?. 
Kalo orang advertisingnya gw suka Juan Cabral karena level art dan keabsurdannya tinggi banget tapi campaignnya sukses (seniman yang jago presentasi kalo gw ngeliatnya), Marcello Serpa (kreatifitas yg gokil gak butuh budget gede), David Droga (problem solver).
Terus di luar itu Ray Chan, Chris Chan yg punya 9gag.com (ada gak sih yg gak suka 9gag? pasti orangnya gak asik kalo gak suka…)
Nah sekarang fase pertanyaan bebas di luar iklan nih dimz.
Wah obrolan berat nih?
Hehe, enggak berat, cuma mau tau aja apa sih yang ada di kepala seorang Dimaz tentang hal-hal di luar iklan.
Nah ni pertanyaannya…

7. Apakah filosofi hidup lo? 
Serius tapi santae ah, alias rius tae ah…

8. Nah terus apakah definisi kata “Keren” menurut lo?
Keren itu sesuatu yg dibuat secara maksimal dan dipikirin banget, gak ngasal dan gak sok art… menurut gw sih…
9. Kalo Dimaz Muktiarto bukan orang periklanan, profesi apa yang lo ingin pilih? dan kenapa lo pilih profesi itu?
Arsitek sekaligus music producer sekaligus koki (rakus ya…hehehehe). Semua kerjaan yang nilai seninya tinggi dan berguna buat orang lain kalo gw mampu gw akan kerjain… amiiinnnn

10. Pertanyaan terakhir. Menurut lo, perubahan kaya gimana yang bakal membuat dunia menjadi lebih baik?
Ngerubah diri gw sendiri aja dulu sih, ntar kalo udah bener2 pinter banget, baru deh ngerubah dunia…. (semoga orang2 mikir kaya gw juga) hahahahaha….
Itu tadi hasil obrolan singkat saya dengan Dimaz Muktiarto, semoga menikmati dan terinspirasi.
Dimaz Muktiarto. Saya telah bertemu dan bekerja bersama dia, dan sebaiknya sebelum ‘mati’ meninggalkan dunia advertising, bekerjalah bersama dia.

5 Advertising People you should meet before you die: Sam Kusnandar

Saya baru (dan akan tetap menjadi anak baru) menapaki dunia advertising ini selama 2 tahun. tapi di sepanjang perjalanan saya telah bertemu beberapa orang yang saya kategorikan sebagai tokoh yang mempengaruhi karir dan hidup saya untuk seterusnya.  ada yang begitu inspiratif, ada yang begitu mencintai sastra, ada yang passionnya tak bisa ditandingi, ada yang sangat matang dalam berpikir dan banyak lagi. Mereka, orang-orang yang sangat pantas untuk Anda, kamu kalian ajak berdiskusi, berbagi cerita dan bekerjasama.

Mc Donald's happy meal - Lion king

Yang pertama adalah seseorang bernama Sam Kusnandar sering juga disebut Sam samadi, tapi saya biasa memanggilnya Uncle Sam. Saya bertemu dia ketika dia masuk memimpin divisi kreatif di Sentosa grup sebuah perusahaan retail tempat saya bekerja pertama kali. Brewok tipis berantakan, pakaian seadanya, selalu merokok dan sangat menggemari kopi. Kesan pertama yang Anda dapat saat melihat dia, saya pastikan jauh dari sosok seorang kreatif periklanan. Tapi perannya dalam karir saya, mungkin lebih menginspirasi dibandingkan Suthisak, Neil French atau Droga.
Seseorang yang sangat bersahaja. Lebih banyak diingat karena kebaikan hati dan sikapnya dibandingkan karya-karya hebatnya. Tapi ketika bicara soal advertising, dia adalah orang paling menyenangkan yang Anda bisa ajak berbicara tentang iklan.
Berikut wawancara singkat saya dengan Uncle Sam lewat email 😉

1. Hai Uncle Sam untuk pertanyaan pertama boleh ceritakan tentang sejarah karir Uncle?

Nah ini dia urutan karir saya.

1988 – 1989            Adwitya Alembana Fortune Group

1989 – 1989            Matahari Dept. Store Promotion Department

1989 -1993            Kreasindo Ciptapariwara

1993 – 2006           Leo Burnett Kreasindo Indonesia
2007 – 2008           Neo Indonesia
2009 – now            Creative Centro Marketing Communication

2. Nah Uncle kan sudah lama di Dunia advertising, nah sekarang kira-kira apakah   advertising itu buat uncle?

“Dijual : Silver LIVINA 2010, 12.000 km seperti baru, mesin bagus, harga nego. Hub: Silvia, 0816 000 000. Hanya dipakai ke pengajian.
Nah kata2 ” HANYA DIPAKAI KE PENGAJIAN”  itu buatku adalah advertising. Menambah nilai untuk sebuah produk yang dijual atau diperkenalkan ke khalayak ramai.”

3. Apakah pencapaian terbesar Uncle selama ini di dunia advertising?

“Mengenal anak anak muda yang full of passion baru masuk dunia advertising dan aku kenal, ngobrol, memberi semangat dan ngomporin. Dan bila aku dengar mereka menjadi creative yang handal dengan membuat iklan yang mantap dan bagus dan memenangkan penghargaan. Ada kebanggaan yang luar biasa yang mungkin lebih besar dari kebanggan mereka sendiri.”

4.Apa yang Uncle lakukan saat sedang mentok nyari ide?

“Shut down the brain, Get out from the chair, hirup udara segar, ngobrol dengan teman2, ngeluyur.
(Bagi perokok seperti aku… kayanya ngerokok dan ngopi menolong banyak sekali…meskipun mungkin sugesti). Then restart… he he he….”

5. Menurut Uncle apakah hal yang paling penting untuk jadi pekerja iklan? dan kenapa begitu?

“You must love what you are doing. Keep thinking for ideas everytime, everywhere. Ideas comes from any directions. TALK, SEE, LISTEN, SMELL etc. If you find the ideas, develop it with passion. No matter it’s only a lay out, a headline, TVC etc… IT IS YOUR BABY. He he he….”

6. Siapakah orang yang paling menginspirasi Uncle di Dunia iklan? ceritakan sedikit tentang orang itu dan kenapa menginspirasi uncle?.

“Berndt Soderbom.
Dia itu orang yang paling percaya: GOOD AD SALES!
And it is true…dan dia itu selalu memberi semangat kepada young creative to be believe in themselves
that they could find good idea and make it into good ad… Just like any other well known creative in the world. He always said : THINK OUTSIDE THE BOX!….
Yasmin Ahmad.
She is the one who loves of what she’s always doing… making good ads creatively with all her heart.
I admired her works very much.”

7. Nah sekarang fase pertanyaan bebas di luar iklan nih. Apakah filosofi hidup uncle? 

“Life is complicated… why make it such a headache for yourself… make it simple… then life becomes enjoyable.”

8. Nah terus apakah definisi kata “Passion” menurut uncle?

“Passion mendorong kita untuk membuat pekerjaan sekecil apapun menjadi the best of me”

9. Kalo uncle bukan orang periklanan, pekerjaan apa yang uncle ingin pilih? dan kenapa uncle pilih pekerjaan itu?

Kelihatannya jadi arsitektur yah… karena aku suka dengan desain rumah dan membangunnya…”

10. Pertanyaan terakhir. Menurut uncle, perubahan apakah yang akan membuat dunia menjadi lebih baik?

“Menjadi manusia itu jangan sensitive sama diri sendiri aja… tapi harus sensitive sama manusia lainnya di sekeliling kita. Karena bila kita bilang mie goreng enak, belum tentu orang lain bilang enak. Saling menghargai pendapat dan menjaga sikap untuk tidak menyakiti orang lain.”
Itu tadi hasil interview singkat saya dengan Uncle Sam, semoga menikmati dan terinspirasi.
Sam Kusnandar. Saya telah bertemu dan bekerja bersama dia, dan sebaiknya sebelum ‘mati’ meninggalkan dunia advertising, bekerjalah bersama dia.

NIKE

Tagged

Tagged

tumblr_lr81ywq3eP1qzleu4o1_500

Tagged

tumblr_lqibrl2WxA1r0k58wo1_500

Tagged

tumblr_lm1dohk0r81qgwlyuo1_1280

Tagged

tumblr_lrn667QuEE1qejrqso1_1280

Tagged