5 Advertising People you should meet before you die: Sam Kusnandar

Saya baru (dan akan tetap menjadi anak baru) menapaki dunia advertising ini selama 2 tahun. tapi di sepanjang perjalanan saya telah bertemu beberapa orang yang saya kategorikan sebagai tokoh yang mempengaruhi karir dan hidup saya untuk seterusnya.  ada yang begitu inspiratif, ada yang begitu mencintai sastra, ada yang passionnya tak bisa ditandingi, ada yang sangat matang dalam berpikir dan banyak lagi. Mereka, orang-orang yang sangat pantas untuk Anda, kamu kalian ajak berdiskusi, berbagi cerita dan bekerjasama.

Mc Donald's happy meal - Lion king

Yang pertama adalah seseorang bernama Sam Kusnandar sering juga disebut Sam samadi, tapi saya biasa memanggilnya Uncle Sam. Saya bertemu dia ketika dia masuk memimpin divisi kreatif di Sentosa grup sebuah perusahaan retail tempat saya bekerja pertama kali. Brewok tipis berantakan, pakaian seadanya, selalu merokok dan sangat menggemari kopi. Kesan pertama yang Anda dapat saat melihat dia, saya pastikan jauh dari sosok seorang kreatif periklanan. Tapi perannya dalam karir saya, mungkin lebih menginspirasi dibandingkan Suthisak, Neil French atau Droga.
Seseorang yang sangat bersahaja. Lebih banyak diingat karena kebaikan hati dan sikapnya dibandingkan karya-karya hebatnya. Tapi ketika bicara soal advertising, dia adalah orang paling menyenangkan yang Anda bisa ajak berbicara tentang iklan.
Berikut wawancara singkat saya dengan Uncle Sam lewat email 😉

1. Hai Uncle Sam untuk pertanyaan pertama boleh ceritakan tentang sejarah karir Uncle?

Nah ini dia urutan karir saya.

1988 – 1989            Adwitya Alembana Fortune Group

1989 – 1989            Matahari Dept. Store Promotion Department

1989 -1993            Kreasindo Ciptapariwara

1993 – 2006           Leo Burnett Kreasindo Indonesia
2007 – 2008           Neo Indonesia
2009 – now            Creative Centro Marketing Communication

2. Nah Uncle kan sudah lama di Dunia advertising, nah sekarang kira-kira apakah   advertising itu buat uncle?

“Dijual : Silver LIVINA 2010, 12.000 km seperti baru, mesin bagus, harga nego. Hub: Silvia, 0816 000 000. Hanya dipakai ke pengajian.
Nah kata2 ” HANYA DIPAKAI KE PENGAJIAN”  itu buatku adalah advertising. Menambah nilai untuk sebuah produk yang dijual atau diperkenalkan ke khalayak ramai.”

3. Apakah pencapaian terbesar Uncle selama ini di dunia advertising?

“Mengenal anak anak muda yang full of passion baru masuk dunia advertising dan aku kenal, ngobrol, memberi semangat dan ngomporin. Dan bila aku dengar mereka menjadi creative yang handal dengan membuat iklan yang mantap dan bagus dan memenangkan penghargaan. Ada kebanggaan yang luar biasa yang mungkin lebih besar dari kebanggan mereka sendiri.”

4.Apa yang Uncle lakukan saat sedang mentok nyari ide?

“Shut down the brain, Get out from the chair, hirup udara segar, ngobrol dengan teman2, ngeluyur.
(Bagi perokok seperti aku… kayanya ngerokok dan ngopi menolong banyak sekali…meskipun mungkin sugesti). Then restart… he he he….”

5. Menurut Uncle apakah hal yang paling penting untuk jadi pekerja iklan? dan kenapa begitu?

“You must love what you are doing. Keep thinking for ideas everytime, everywhere. Ideas comes from any directions. TALK, SEE, LISTEN, SMELL etc. If you find the ideas, develop it with passion. No matter it’s only a lay out, a headline, TVC etc… IT IS YOUR BABY. He he he….”

6. Siapakah orang yang paling menginspirasi Uncle di Dunia iklan? ceritakan sedikit tentang orang itu dan kenapa menginspirasi uncle?.

“Berndt Soderbom.
Dia itu orang yang paling percaya: GOOD AD SALES!
And it is true…dan dia itu selalu memberi semangat kepada young creative to be believe in themselves
that they could find good idea and make it into good ad… Just like any other well known creative in the world. He always said : THINK OUTSIDE THE BOX!….
Yasmin Ahmad.
She is the one who loves of what she’s always doing… making good ads creatively with all her heart.
I admired her works very much.”

7. Nah sekarang fase pertanyaan bebas di luar iklan nih. Apakah filosofi hidup uncle? 

“Life is complicated… why make it such a headache for yourself… make it simple… then life becomes enjoyable.”

8. Nah terus apakah definisi kata “Passion” menurut uncle?

“Passion mendorong kita untuk membuat pekerjaan sekecil apapun menjadi the best of me”

9. Kalo uncle bukan orang periklanan, pekerjaan apa yang uncle ingin pilih? dan kenapa uncle pilih pekerjaan itu?

Kelihatannya jadi arsitektur yah… karena aku suka dengan desain rumah dan membangunnya…”

10. Pertanyaan terakhir. Menurut uncle, perubahan apakah yang akan membuat dunia menjadi lebih baik?

“Menjadi manusia itu jangan sensitive sama diri sendiri aja… tapi harus sensitive sama manusia lainnya di sekeliling kita. Karena bila kita bilang mie goreng enak, belum tentu orang lain bilang enak. Saling menghargai pendapat dan menjaga sikap untuk tidak menyakiti orang lain.”
Itu tadi hasil interview singkat saya dengan Uncle Sam, semoga menikmati dan terinspirasi.
Sam Kusnandar. Saya telah bertemu dan bekerja bersama dia, dan sebaiknya sebelum ‘mati’ meninggalkan dunia advertising, bekerjalah bersama dia.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: