5 ADVERTISING PEOPLE YOU SHOULD MEET BEFORE YOU DIE: DIMAZ MUKTIARTO

Kalau Anda ingin bertemu seseorang yang berhasil membuktikan istilah “untuk berhasil harus dilakukan dengan tangan sendiri” Dimaz Muktiarto adalah orangnya. Saya bertemu Art Director yang kini bekerja di LOWE ini saat saya magang di Publicis Indonesia pada penghujung tahun 2009. Setelah saya selesai magang dan bekerja di Mccann, barulah saya berkesempatan bekerjasama dengan Dimaz pada sebuah lomba.
Soal kemampuan art directing Dimaz tentunya tidak perlu dipertanyakan lagi. Namun jika Anda bekerja bersama dia maka hal paling pertama yang Anda sadari adalah pola berpikirnya yang teratur  dan semangatnya sebagai pekerja kreatif, yang perlahan-lahan akan menyalakan kreatifitas Anda, persis seperti bara api yang siap membangkitkan panasnya sebuah ide.
Image
Berikut adalah sepintas obrolan saya dengan Dimaz muktiarto.
Sore Dimz, boleh ngobrol-ngobrol sebentar ga soal advertising dari sudut pandang lo?
Bolehh stra, eh gw jawabnya serius tapi santai aja ya, biar gak sotoy… hahaha
1. Dimz, boleh cerita sedikit gak tentang kenapa milih bekerja di advertising?
Mau nge-move orang secara subliminal (kaya iluminati) hehehehe, gak tau sih stra gw seneng aja kalo ada orang jadi berubah karna gw kasih alesan yang bisa buat dia berubah, kaya lo bisa nyuruh orang banyak untuk ngelakuin sesuatu seru aja sih.

2. Apa sih kesulitan yang paling sering dialami seorang Art director?
Sulit nge-crack communication campaign -> Sulit nyari route ide -> Sulit nyari gambar buat ngejadiin idenya -> sulit nge-layout nyari style design yg baru -> sulit presentasi ke klien yang pinter banget dan bodoh banget -> dan yang terakhir sulit pulang (dijawab pada pukul 11pm WIB) tapi yang penting sih seneng aje sama bidangnya.

3. Tiap art director kan punya cara kerja yang beda-beda, Nah Ada saran gak gimana cara jadi Art   director yang baik, menurut seorang Dimaz muktiarto?
Biasanya awal jadi art director pengennya bikin visual yg keren abiis, tp dari pengalaman gw kerja di advertising kalo menurut gw, artdir = problem solver. Jadi emang tujuannya nyelesaiin masalah brand dengan cara ngasih solusi visual yang sesuai dengan problemnya, gw biasanya kalo udah dapet line komunikasi yg bagus dan bener, InsyaAllah bisa meringankan pekerjaan melayout.

4. Apa yang lo lakukan saat sedang mentok nyari ide?
Kalo udah mentok banget2an: gw seringnya liat2 9gag (website) dulu sih, ketawa2 aje dulu, abis itu tidur dulu sebentar, abis itu panik karena udah deadline, nah baru deh dapet ide… (ini gw sering banget lakuin waktu di Publicis dan kompetisi2 young2an (semoga omongan gw gak dibaca ECD2)

5. Siapa orang yang paling menginspirasi lo di dunia iklan? Boleh ceritain kenapa dia menginspirasi lo dan kenapa menginspirasi?. 
Kalo orang advertisingnya gw suka Juan Cabral karena level art dan keabsurdannya tinggi banget tapi campaignnya sukses (seniman yang jago presentasi kalo gw ngeliatnya), Marcello Serpa (kreatifitas yg gokil gak butuh budget gede), David Droga (problem solver).
Terus di luar itu Ray Chan, Chris Chan yg punya 9gag.com (ada gak sih yg gak suka 9gag? pasti orangnya gak asik kalo gak suka…)
Nah sekarang fase pertanyaan bebas di luar iklan nih dimz.
Wah obrolan berat nih?
Hehe, enggak berat, cuma mau tau aja apa sih yang ada di kepala seorang Dimaz tentang hal-hal di luar iklan.
Nah ni pertanyaannya…

7. Apakah filosofi hidup lo? 
Serius tapi santae ah, alias rius tae ah…

8. Nah terus apakah definisi kata “Keren” menurut lo?
Keren itu sesuatu yg dibuat secara maksimal dan dipikirin banget, gak ngasal dan gak sok art… menurut gw sih…
9. Kalo Dimaz Muktiarto bukan orang periklanan, profesi apa yang lo ingin pilih? dan kenapa lo pilih profesi itu?
Arsitek sekaligus music producer sekaligus koki (rakus ya…hehehehe). Semua kerjaan yang nilai seninya tinggi dan berguna buat orang lain kalo gw mampu gw akan kerjain… amiiinnnn

10. Pertanyaan terakhir. Menurut lo, perubahan kaya gimana yang bakal membuat dunia menjadi lebih baik?
Ngerubah diri gw sendiri aja dulu sih, ntar kalo udah bener2 pinter banget, baru deh ngerubah dunia…. (semoga orang2 mikir kaya gw juga) hahahahaha….
Itu tadi hasil obrolan singkat saya dengan Dimaz Muktiarto, semoga menikmati dan terinspirasi.
Dimaz Muktiarto. Saya telah bertemu dan bekerja bersama dia, dan sebaiknya sebelum ‘mati’ meninggalkan dunia advertising, bekerjalah bersama dia.

3 thoughts on “5 ADVERTISING PEOPLE YOU SHOULD MEET BEFORE YOU DIE: DIMAZ MUKTIARTO

  1. Muhamad Chamdani says:

    Wah! Menginspirasi bgt nih Tra, semoga suatu hari gue bisa nyusul jadi AD 😀

  2. Bagus, Tra! Lanjutkan!

Leave a comment